Diberdayakan oleh Blogger.
 

Kamis, 29 Maret 2012

makalah benua dan samudra

17 komentar
                                                                       MAKALAH
BENUA ASIA, BENUA AUSTRALIA, BENUA AFRIKA, SAMUDRA PASIFIK, DAN                   SAMUDRA ATLANTIK
TAHUN 2011/2012



                                                                      Disusun Oleh :
                                                                       ABD BASID
                                                                      NISN:9973729770

                                                          KELAS IX MATA PELAJARAN MATEMATIKA
            MTsN SUMBER BUNGUR PAMEKASAN
JL. RAYA PONTREN SUMBER BUNGUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MAKALAH
BENUA ASIA, BENUA AUSTRALIA, BENUA AFRIKA, SAMUDRA PASIFIK, DAN SAMUDRA ATLANTIK
TAHUN 2011/2012








Disusun Oleh :
 ABD BASID
NISN:9973729770


KELAS IX MATA PELAJARAN MATEMATIKA
MTsN SUMBER BUNGUR PAMEKASAN
JL. RAYA PONTREN SUMBER BUNGUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012


LEMBAR PENGESAHAN

Tugas karya tulis ini sudah di setujui dan disyahkan guru bidang studi Bahasa Indonesia pada
Hari: rabu
Tanggal pengesahan: 30 mareti 2012

oleh :
Mengetahui Pembimbing :




1.    Drs.Moh Saleh Fadli.S.pd                        {……………………………………......}





                                                    Mengetahui,
Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri
Sumber Bungur Pamekasan





Drs. HM. ALI HUSNAN, M. Pd.I
NIP.150 196 307



KATA PENGANTAR


Dengan mengucapkan Puji syukur kehadirat Allah Swt, atas  rahmat ,hidayah dan inayahnya sehingga peneliti dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “BENUA DAN SAMUDRA  2011”sebagai salah satu persyaratan dalam rangka mengikuti UAN di MTSN Sumber bungur pamekasan.
Shalawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad S.A.W  berkat beliaulah kita bisa terangkis dari alam kegelapan menuju alam terang benderang seperti saat sekarang in.
Dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini peneliti menyadari akan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang belum begitu banyak penulis miliki, maka dalam penyusunan karya ilmiah ini  masih jauh dari sempurna baik materi maupun dalam menguraikan rencana masalah penelitian yang penulis sampaikan. Untuk itudenagn hati terbuka penulis akan menerima kritik dan saran yang bersifat membangun untnk perbaikan penulisan ini.
Saya merasa sangat bersenang hati ketika diminta untuk memberikan kata pengantar bagi buku mengenai Australia ini. Buku yang dimaksudkan bagi siswa-siswa sekolah menengah di Indonesia ini akan sangat bermanfaat bagi mereka.
Buku ini merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan pemahaman generasi muda Indonesia mengenai tetangga Indonesia yang penting di selatan, dan manfaat yang diperoleh dari buku tersebut akan bertahan lama dan abadi.
Liputan dalam buku ini bersifat menyeluruh dan obyektif. Dengan demikian, isi liputan tersebut akan meningkatkan pemahaman yang sehat mengenai sejarah, keberhasilan-keberhasilan yang dicapai dan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh bangsa Australia.
Penerbitan buku ini merupakan andil yang besar terhadap pemahaman yang lebih baik mengenai Australia di Indonesia. Itulah sebabnya, buku ini patut kita sambut baik.
pamekasan, 30 maret 2012
                                                                                                              penulis



ABD BASID
                                                           NISN:9973729770


DAFTAR ISI



JUDUL              i
SAMPUL DALAM             ii
HALAMAN PENGESAHAN            iii
KATA PENGANTAR            iv
DAFTAR ISI             v

BAB I PENDAHULUAN             1

A.    Pengertian Benua Dan Samudra             1  
B.    Latar Belakang             1
C.    Tuuan Pembahasan             1
D.    Ruang Lingkup             1
E.    Proses Terbentuknya Benua Dan Samudra             1

BAB II PEMBAHASAN             2

A.    Benua Asia             2
B.    Benua Australia           12
C.    Benua Afrika           18
D.    Samudra Pasifik            27
E.    Samudra Atlantik           29

BAB II PENUTUP           31

A.    Kesimpulan           31
B.    Saran           31

DAFTAR PUSTAKA           32

BAB I
PENDAHULUAN



A.    PENGERTIAN BENUA DAN SAMUDRA
Benua adalah hamparan daratan yang sangat luas yang pada bagian tengahnya bersifat kering karena tidak mendapat pengaruh dari angin laut yang basah dan lembab.
Pulau adalah daratan yang relativ sempit dan dikelilingi oleh laut.
Samudra adalah hamparan air asin yang mengelilingi daratan atau benua.
Laut adalah hamparan air asin yang relatif sempit

B.    LATAR BELAKANG
Pada makalah ini menjelaskan tentang letak geografis dan astronomis,kenampakan alam dari masing-masing benua,keunggulan dari masing-masing benua serta tempat-tempat yang paling dikunjungi dan situs-situs sejarahnya. Sehingga saya mengangkat dalam bentuk tulisan dengan karya ilmiah yang berjudul “Pembagian Benua di Dunia”.

C.    TUJUAN PEMBAHASAN
Tujuan adanya makalah ini agar orang yang membaca makalah ini bisa mengerti bahwa didunia ini ada 5 benua dan bisa mengerti letak geografis dan astronomis,kenampakan alam dari masing-masing benua,keunggulan dari masing-masing benua.

D.    RUANG LINGKUP
Pembagian Benua di dunia sangat ada banyak perbedaan entah dari segi Letak, Luas, Batas, kondisi fisik serta karakteristik dari masing-masing benua tersebut. Sehingga kita harus benar-benar paham akan perbedaan tersebut.

E.    PROSES TERBENTUKNYA BENUA DAN SAMUDRA
Menurut Alfred Wagener, sebelum zaman Carbon (+ - 300 juta tahun yang lalu), semua benua yang ada sekarang ini tergabung menjadi satu yang disebut Benua Pangea.
Benua Pangea kemudian terpecah menjadi dua benua, yaitu Benua Laurasia (di bagian utara) dan Benua Gondwana (di bagian selatan).
Proses pecahnya benua Pangea ini terjadi sekitar 135 juta tahun lalu.
Benua Laurasia bagian barat bergerak ke utara menjauhi benua Gondwana yang akhirnya membentuk benua Benua Amerika Utara.
Benua Gondwana di selatan terpecah menjadi beberapa benua, yaitu sebagai berikut.
1) Bagian barat bergeser terus ke arah barat menjadi Benua Amerika Selatan.
2) Bagian timur bergerak ke timur menjadi Benua Afrika.
3) Bagian yang lebih kecil di bagian timur terus bergerak ke arah timur laut dan menjadi India.
4) Satu bagian lagi terpecah menjadi dua yaitu bagian timur terus bergerak ke arah timur laut, dan pecahan bagian barat terus bergerak ke arah selatan. .
Teori Wagener disebut juga Teori Pergeseran Benua. Teori ini didasarkan pada fakta-fakta sebagai berikut.
a.Lekukan atau bentuk pantai di Afrika Timur, Amerika Utara, dan Amerika Selatan dengan pantai barat Eropa dan Afrika hampir sama.
b.Daratan Tanah Hijau (Greenland) menjauh dari Eropa sejauh +- 36 centimeter setiap tahun.
c.Tanah di Amerika Selatan, Afrika, India, Australia dan Antartika menunjukkan persamaan sifat.
d.Pulau Madagaskar dalam gerakannya ke arah barat terhambat oleh Afrik


BAB II
PEMBAHASAN


A.    BENUA ASIA
1. Kenampakan Alam Benua Asia
Benua adalah daratan yang sangat luas. Pada awalnya bumi terbentuk seluruh benua merupakan satu daratan yang amat luas, belum terbagi-bagi oleh pergeseran kerak bumi. Ketujuh benua itu adalah Benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, dan Antartika. Benua-benua di bumi dikelilingi oleh samudra. Samudra itu adalah Samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, Arktik, dan Samudra Selatan
Sebagian orang menganggap bumi terdiri atas enam benua, bukan tujuh benua. Anggapan ini tidak salah. Mereka membagi bumi menjadi Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Eurasia, Australia (Oceania), dan Antartika. Eurasia adalah gabungan Benua Asia dan Eropa. Mereka juga ada yang membagi menjadi Benua Amerika, Asia, Eropa, Afrika, Australia (Oceania), dan Antartika. Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan dianggap satu, yaitu Benua Amerika. Sebagian besar benua masih saling berhubungan. Hanya Benua Australia dan Antartika yang benar-benar terpisah dari benua lain. Seluruh wilayah Benua Australia dan Antartika dikelilingi samudra. Benua Asia dan Afrika dihubungkan oleh Tanah Genting Suez. Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan dihubungkan oleh Tanah Genting Panama. Asia dan Eropa sebenarnya satu benua yang disebut Eurasia. Kedua benua terpisah karena alasan budaya dan sejarah.
Asia merupakan benua terbesar dan berpopulasi terpadat di dunia dengan wilayah yang mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi 50 negara yang tersebar dari daratan luas Asia Kecil, Timur Tengah, hingga Samudera Pasifik. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia.

Pegunungan, di Asia bagian selatan terdapat deretan pengunungan, antara lain Pegunungan Himalaya (Cina, India, Nepal, dan Bhutan), Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Karakoram (Pakistan dan India), dan Pegunungan Kunlun (Cina). Gunung Everest (8.856 m) di Cina dan Nepal tertinggi di dunia.Dataran Tinggi/Plato, Plato Tibet (Cina), Plato Iran (Iran), Dataran Tinggi Siberia (Rusia)
Dataran Rendah, Dataran Rendah Gangga (India dan Bangladesh), Dataran Rendah Tigris dan Eufrat (Irak), Dataran Rendah Cina (Cina), dan Dataran Rendah Siberia (Rusia) Gurun, Gurun Gobi (Cina) Danau, Danau/Laut Aral (Kazaktan dan Uzbekistan), Danau Balkhash (Kazakstan), Danau Baikal (Rusia)
Sungai, Sungai Ob-Irtysh (Rusia), Sungai Yenisai-Argana (Rusia), Sungai Lena (Rusia), Sungai Amur (Rusia dan Cina), Sungai Hoang Ho (Cina), Sungai Chang/Yang Tze (Cina), Sungai Xi (Cina), dan Sungai Gangga-Brahmaputra (India dan Bangladesh)
Iklim, Benua Asia memiliki perbedaan iklim yang tajam. Iklim sangat panas dan sangat dingin terdapat di wilayah Arktik. Iklim hujan deras karena ada pengaruh angin muson. Iklim sangat kering terdapat di cekungan atau basin Tarim.
Penduduk Wilayah Benua Asia dikuasai oleh banyak bangsa sebagai berikut: Arab, Jepang, Manchuria, Melayu, Mongolia, Persi, dan Tartar
Kenampakan Buatan yang terkenal di Asia : Taj Mahal (India), Candi Borobudur (Indonesia), Tembok Raksasa (Cina), dan Ka’bah (Arab Saudi)
 Negara pulau Siprus di Laut Tengah.
•    Levant atau Timur Dekat, yang termasuk Suriah, Yordania, Lebanon dan Irak.
•    Jazirah Arab, termasuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Qatar, Oman, Yaman dan kadang juga Kuwait.
•    Daerah Kaukasus, termasuk Azerbaijan dan Armenia.
•    Hamparan Iran, yang terdiri dari Iran dan bagian negara-negara lain.
2. Letak Historis Dan Geologis Benua ASIA
a. letak historis   
a . Letak, Luas, dan Batas
Asia merupakan benua terbesar di dunia dengan luas mencapai ± 43.998.920 km², meliputi hampir 30,6% dari luas wilayah daratan dunia.
Secara astronomis, wilayah Benua Asia terletak antara
± 15°BT - 180°BT dan ± 75°LU - 11°LS dengan batas-batas wilayah
berikut ini.
1) Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik (Kutub Utara).
2) Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Benua Australia.
3) Sebelah Barat dengan Benua Eropa dan Laut Merah.
4) Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik.
b. Kondisi Fisik
Benua Asia memiliki relief dan kondisi alam yang bervariasi, yaitu ada titik tertinggi dan ada titik terendah, ada dataran tinggi dan ada dataran rendah, ada kawasan yang sangat panas dan ada kawasan yang sangat dingin, serta ada daerah yang subur dan ada daerah yang tandus.
1 ) Iklim
Berdasarkan letak lintangnya, Benua Asia dilalui garis
khatulistiwa (0°) di bagian Tenggara (Indonesia) dan garis balik
Utara pada lintang 23½° LU.
Kondisi ini menyebabkan benua ini memiliki variasi iklim berikut ini.
a) Iklim monsun tropis, terjadi di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan.
b) Iklim subtropis, terjadi di kawasan Asia Tengah dan Asia Timur.
c) Iklim gurun, terjadi di kawasan Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Timur.
d) Iklim dingin, terjadi di kawasan Siberia (Asia Utara).
2 ) Gurun di Asia
Asia merupakan benua yang memiliki banyak wilayah gurun, yaitu Gurun Arab (± 2.590.000 km²) di Asia Barat, Gurun Thar (± 453.000 km²) di perbatasan Asia Barat dan Asia Selatan, Gurun Karakum (± 350.000 km²) di perbatasan Asia Tengah dan Eropa Timur, Gurun Kyzykum (± 298.000 km²) di Asia Tengah, serta Gurun Gobi (± 1.295.000 km²) dan Gurun Taklimakan (± 272.000 km²) di kawasan Asia Timur. Gurun-gurun di Asia memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan gurun-gurun yang ada di benua lain. Berikut ini beberapa keunikan dari gurun-gurun di Asia.
a) Gurun Gobi merupakan gurun terdingin di dunia, suhunya bisa mencapai -40°C.
b) Gurun Arab merupakan gurun paling berpasir di dunia.
Umumnya, gurun hanya memiliki 10 - 15% pasir, sementara di Gurun Arab memiliki kandungan pasir yang lebih besar.
c) Letak gurun tertinggi dan gurun terendah terdapat di RRC.
Gurun tertinggi berada di Lembah Qaidam (2.600 m dari permukaan laut) sedangkan gurun terendah berada di Lembah Tupan atau Turfan (150 m di bawah permukaan laut).
3 ) Gunung dan pegunungan di Asia
Gunung dan pegunungan yang ada di kawasan Asia adalah suatu rangkaian jalur gunung api.
Gunung dan pegunungan yang terkenal di Asia, yaitu Pegunungan Himalaya - Karakoram di Nepal, Pegunungan Hindukush di perbatasan Afghanistan dan Pakistan, Pegunungan Altay dan Kunlun di RRC, Pegunungan Arakan Yoma di Asia Tenggara, Pegunungan Bukit Barisan dan Pegunungan Jaya Wijaya di Indonesia, Pegunungan Sulaiman di Afghanistan, dan Pegunungan Ghat di India. Puncakpuncak tertinggi terdapat di Pegunungan Himalaya, yaitu Gunung Everest (8.848 m) yang merupakan puncak tertinggi di dunia.
4 ) Dataran tinggi di Asia
Benua Asia juga memiliki banyak wilayah dataran tinggi, yaitu Dataran Tinggi Tibet di bagian Barat Daya Cina yang merupakan dataran tinggi terluas dan tertinggi (ketinggiannya mencapai 4.875 m dari permukaan laut), Dataran Tinggi Dekkan di India, Dataran Tinggi Anatolli di Turki (Asia Barat), Dataran Tinggi Mongolia di Asia Tengah, Dataran Tinggi Afghanistan, dan Dataran Tinggi Siberia di bagian Utara Asia.
5 ) Dataran rendah dan sungai di Asia
Dataran rendah Asia, misalnya Dataran Rendah Pakistan Timur, Dataran Rendah Asia Tenggara, Dataran Rendah Siberia Barat, dataran rendah di sebelah Timur Laut Kaspia, dataran rendah di India Utara dan Bangladesh, Dataran Rendah Irak, serta Dataran Rendah Cina Timur. Dataran-dataran rendah tersebut pada umumnya dialiri sungai-sungai utama, yaitu Sungai Ob di Siberia, Sungai Indus di Pakistan, Sungai Gangga dan Brahmaputra di India- Bangladesh, Sungai Tigris dan Eufrat di Irak, Sungai Yang Tse dan Sungai Huang Ho di Cina, serta Sungai Mekong dan Sungai Chao Praya di Asia Tenggara. Aliran Sungai Brahmaputra memiliki wilayah delta terluas, yaitu mencapai 75.000 km².
6 ) Danau di Asia
Benua Asia memiliki banyak danau. Beberapa danau utama di kawasan Asia, yaitu Danau Laut Kaspia di perbatasan Kazakstan, Turkmenistan, dan Iran (Asia Barat) yang merupakan danau terluas di dunia; Danau Aral dan Danau Balkhash di Kazakstan; Danau Baykal yang merupakan danau terdalam di dunia dan Danau Chany di Siberia (Asia Utara); Danau Tonle Sap dan Danau Toba di Asia Tenggara; serta Danau Tsinghai, Danau Lung Ting Hu, Danau Po Tang Ha, dan Danau Tal di Cina (Asia Timur).
7 ) Flora dan fauna
Variasi iklim memengaruhi variasi flora dan faunanya. Di bagian Utara yang dingin, tumbuhan yang dominan adalah jenis tumbuhan tundra, seperti pohon-pohon berdaun jarum, lumut, dan rumput; sedangkan fauna khasnya adalah beruang siberia, rusa kutub, anjing laut, dan rubah. Di bagian tengah didominasi kawasan stepa dan sabana karena sedikit hujan. Di bagian Selatan, yang banyak terjadi hujan, terdapat kawasan hutan hujan yang memiliki beraneka jenis tumbuhan dan hewan. Fauna khas Asia yang dilindungi adalah badak, komodo, panda, gajah, harimau, beruang, dan berbagai jenis burung. Hewan-hewan tersebut perlu dilindungi karena populasinya semakin berkurang.
b. letak geologis
Perbatasan dan Keadaan Alam di Benua Asia
Di dunia ini memiliki 6 Benua secara keseluruhan, yaitu Benua Asia, Amerika, Eropa, Afrika, Australia dan Benua Antartika alias Kutub Selatan. Keenam benua tersebut memiliki batas wilayah / perbatasan antar benua.
Sedangkan Benua Asia adalah benua terbesar di dunia, benua ini memiliki luas wilayah hampir sepertiga luas daratan di permukaan bumi, yaitu kurang lebih 44.000.000 km/segi. Untuk lebih mendetail lagi seputar benua Asia, dibawah ini juga di cantumkan tentang keadaan alam di benua Asia secara umum.
1. Letak Dan Batas-Batas Benua Asia
Letak Benua Asia : 11 LS – 70 LU, dan 26 BT – 171 BB
Sebelah Utara       : Laut Arktik
Sebelah Selatan    : Samudra Hindia
Sebelah Timur      : Samudra Pasifik, Selat Bering
Sebelah Barat        : Laut Merah, Laut Tengah, Pegunungan Ural
2. Keadaan Alam Benua Asia
Berikut ini beberapa bentang alam yang ada di Benua Asia:
a. Kepulauan
kepulauan yang ada di Benua Asia antara lain Kepulauan Filipina, Kepulauan Indonesia, Kepulauan Maladewa, dan Kepulauan Jepang.
b. Pegunungan
Rangkain Pegunungan yang terdapat di Asia, antara lain Pegunungan Hindukush. Pegunungan Tianshan, Pegunungan Korakoram, dan Pgunungan Himalaya. Pegunungan Himalaya merupakan Pegunungan tertinggi di dunia dengan puncaknya adalah Mount Everst (8.848 meter).
c. Dataran Tinggi
Dataran tinggi di Asia terdapat didaerah, antara laian Dataran tinggi Iran, Dataran Tinggi Tibet, Dan dataran Tinggi Khasmir. Dataran Tinggi Khasmir merupakan dataran dataran tinggi tertinngi di dunia, dengan nama julukan Atap Dunia.
d. Gurun
Gurun yang ada di Benua Asia, antara lain Gurun Arabia di Asia Barat serta Gurun Gobi dan Gurun Thar di Asia Tengah.
e. Sungai
Sungai besar di Benua Asia antara lain Sungai Indus (India), Sungai Gangga (India), Sungai Brahmaputera (India) dan Sungai Yang Tse (Cina).
3. Daftar Nama Negara Anggota Benua ASIA Dan Ibu Kota
                                                             ASIA TENGGARA
No    Nama Negara    Ibu Kota
1.    Brunei Darussalam
Bandar Seri Begawan
2.    Filipina
Manila
3.    Indonesia
Jakarta

4.    Kampuchea
Phnom Penh
5.    Laos    Vientiane
6.    Malaysia
Kuala Lumpur
7.    Myanmar    Yangoon
8.    Singapura
Singapura
9.    Thailand
Bangkok
10.
Timor Leste
Dilli
11.      Vietnam                              Hanoi

                                                  
ASIA BAGIAN BARAT
No    Nama Negara    Ibu Kota
1.    Afghanistan    Kabul
2.    Arab Saudi
Riyadh
3.    Bahrain    Manama
4.    Irak    Bagdad
5.    Iran    Teheran
6.    Israel    Tel Aviv
7.    Kuwait    Kuwait
8.    Lebanon    Beirut
9.    Oman    Muscat
10.    Palestina    Jerusalem
11.    Qatar    Doha
12.    Siprus    Nikosia
13.    Suriah    Damaskus
14.    Turki    Ankara
15.    Uni Emirat Arab    Abu Dhabi
16.    Yaman    Sana
17.    Yordania    Aman
   
ASIA BAGIAN SELATAN
No    Nama Negara    Ibu Kota
1.    Bangladesh    Dakka
2.    Bhutan    Thimphu
3.    India    New Delhi
4.    Maladewa    Male
5.    Nepal    Katmandu
6.    Pakistan    Islamabad
7.    Sri Lanka    Kolombo

ASIA BAGIAN TIMUR
No     Nama Negara    Ibu Kota
1.    Jepang
Tokyo
2.    Korea Selatan    Seoul
3.    Korea Utara    Pyongyang
4.    Mongolia    Ulan Bator
5.    RRC    Beijing
6.    Taiwan    Taipei/Taipeh

ASIA BAGIAN TENGAH
No    Nama Negara    Ibu Kota
1.    Armenia    Jerevan
2.    Azerbaijan    Baku
3.    Kazakhstan    Alma Ata
4.    Kirgystan    Bishkek
5.    Tajikistan    Duschanbe
6.    Turkmenistan    Aschabad
7.    Uzbekistan    Taschkent
4.    Keunggulan Benua Asia
-    Israel: 2015 Balistik Iran ancam Amerika
Menteri Keuangan Israel Yuval Steinitz mengklaim bahwa Iran dapat menargetkan Amerika Serikat dengan rudal antar benua pada tahun 2015. “Mereka bekerja sekarang dan menginvestasikan miliaran dolar untuk mengembangkan rudal balistik antar benua,” katanya kepada CNBC pada Rabu (22/2). “Dan kami memperkirakan bahwa dalam dua sampai tiga tahun mereka akan memiliki rudal balistik antar benua pertama .
-    Perkuat Militer Di Asia Pasifik, AS Dikecam Cina
Perkuat Militer Di Asia Pasifik, AS Dikecam Cina. Keputusan pemerintahan Amerika Serikat untuk mempurkuat posisi militernya dikawasan Asia Pasifik mulai menuai reaksi keras dari pemerintahan Cina. Negeri Tirai Banbu ini memperingatkan AS bahwa hal tersebut dapat mengganggu stabilitas dikawasan tersebut. Media negara Cina memperingatkan AS setelah Washington mengungkap kajian pertahanan terbaru yang berfokus pada Asia [...]
-     Reaktor Nuklir Iran Siap Dioperasikan
Asia TV hari ini (19/8) menurunkan laporan khusus tentang pengoperasian reaktor nuklir Bushehr pada hari Sabtu pekan depan (21/8). Ini dinilai sebagai sebuah keberhasilan bagi Iran dan disebutkan pula bahwa meski dihadapkan pada upaya beberapa negara yang berusaha mencegah pengoperasian reaktor nuklir tersebut serta berbagai sanksi yang memberatkan, Republik Islam Iran mampu meresmikan reaktor pembangkit [...]
-    Pengaruh Khadafi Bak Raja segala Raja di Benua Hitam
Pengaruh pemimpin libia Moammar Khadafi bukan hanya di negerinya sendiri, bahkan sampai meluas negara-negara Afrika ditandai dengan berbagai nama jalan Khadafi, masjid Khadafi, gedung Khadafi, sejumlah negara Afrika menggunakan nama Khadafi untuk fasilitas dan lembaga pemerintahannya. Mereka ingin menunjukkan bahwa Khadafi punya pengaruh besar di benua hitam itu. Bank Pembangunan Afrika bahkan mengatakan Libia menyimpan [...]
-    Rusia Ciptakan Balistik Antar benua untuk tembus perisai rudal AS
Rusia akan mengembangkan rudal balistik antarbenua (ICBM) jenis baru yang dirancang khusus untuk menembus sistem perisai rudal rancangan AS. Rudal baru ini akan menggunakan bahan bakar cair sehingga memiliki kemampuan bermanuver lebih baik dibandingkan pendahulunya. Rencana tersebut disampaikan Panglima Kesatuan Rudal Strategis Rusia (Strategic Missile Forces/SMF) Letnan Jenderal Sergei Karakayev di Moskwa, Jumat (16/12/2011) waktu [...]
-    Libya Menentukan Nasib Eropa
Krisis yang tidak berkesudahan di Libya mengundang keprihatinan dan reaksi keras negara-negara di Dunia. Baru baru ini para menteri luar negeri Eropa berkumpul dan menggelar sidang untuk memutuskan larangan terbang di zona udara Libya, sedangkan pada saat bersamaan Libya merupakan negara pemasok utama minyak ke benua Eropa. Selain sidang para menteri luar negeri Uni Eropa.
Benua Asia memiliki keunggulan atau ciri khas yang dapat membedakannya dengan benua-benua lain yang ada di muka bumi ini. Berikut ini beberapa keunggulan Benua Asia.
a.    Benua Asia adalah benua terluas dan terbanyak penduduknya.
b.    Di Benua Asia terdapat negara-negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, seperti RRC, India, dan Indonesia.
c.    Di Benua Asia terdapat negara-negara penghasil minyak bumi terbesar, terutama negara-negara di kawasan Jazirah Arab.
d.    Benua Asia merupakan tempat muncul dan berkembangnya agama-agama besar di dunia, seperti agama Islam di Arab Saudi, agama Kristen dan Katolik di Yerusalem, agama Hindu dan Buddha di India, serta agama Kong Hu Cu di RRC.
e.    Di Benua Asia banyak terdapat bangunan bernilai sejarah, bahkan dapat digolongkan sebagai tujuh keajaiban dunia, yaitu Tembok Besar di RRC, Kakbah di Mekah (Arab Saudi), Taj Mahal di India, dan Candi Borobudur di Indonesia.
5.    Kelmahan Benua Asia
1.    Ekonomi liberal
Ekonomi liberal adalah teori ekonomi yang diuraikan oleh tokoh-tokoh penemu ekonomi klasik seperti Adam Smith atau French Physiocrats. Sistem ekonomi klasik tersebut mempunyai kaitannya dengan "kebebasan (proses) alami" yang dipahami oleh sementara tokoh-tokoh ekonomi sebagai ekonomi liberal klasik. Meskipun demikian, Smith tidak pernah menggunakan penamaan paham tersebut sedangkan konsep kebijakan dari ekonomi (globalisasi) liberal ialah sistem ekonomi bergerak kearah menuju pasar bebas dan sistem ekonomi berpaham perdagangan bebas dalam era globalisasi [1]yang bertujuan menghilangkan kebijakan ekonomi proteksionisme.[2]
Garis berpaham ekonomi liberal telah pernah dipraktikan oleh sekolah-sekolah di [Austria] dengan berupa demokrasi di masyarakat yang terbuka. Paham liberali kebanyakan digunakan oleh negara-negara di benua [Eropa] dan [Amerika Serikat|Amerika]. Seperti halnya di [Amerika Serikat], paham liberal dikenali dengan sebutan mild leftism estabilished
2.    Sistem ekonomi liberal klasik
Sistem ekonomi liberal klasik adalah suatu filosofi [ekonomi] dan politis. Mula-mula ditemukan pada suatu tradisi penerangan atau keringanan yang bersifat membatasi batas-batas dari kekuasaan dan tenaga politis, yang menggambarkan pendukungan kebebasan individu.Teori itu juga bersifat membebaskan individu untuk bertindak sesuka hati sesuai kepentingan dirinya sendiri dan membiarkan semua individu untuk melakukan pekerjaan tanpa pembatasan yang nantinya dituntut untuk menghasilkan suatu hasil yang terbaik, yang cateris paribus, atau dengan kata lain, menyajikan suatu benda dengan batas minimum dapat diminati dan disukai oleh masyarakat (konsumen)
Selain ada keuntungan, ada juga beberapa kelemahan daripada sistem ekonomi liberal, adalah:
•    Terjadinya persaingan bebas yang tidak sehat bilamana birokratnya korup.
•    Masyarakat yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin.
•    Banyak terjadinya monopoli masyarakat.
•    Banyak terjadinya gejolak dalam perekonomian karena kesalahan alokasi sumber daya oleh individu.
•    Pemerataan pendapatan sulit dilakuka karena persaingan bebas tersebut
6.    Organisasi Internasional Di Benua Asia
-    APEC
APEC adalah singkatan dari Asia-Pacific Economic Cooperation atau Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik. APEC didirikan pada tahun 1989. APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik.

-    WHO
Organisasi Kesehatan Dunia (bahasa Inggris: World Health Organization/WHO) adalah salah satu badan PBB yang bertindak sebagai sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss. WHO didirikan oleh PBB pada 7 April 1948. Direktur Jendral sekarang adalah Margaret Chan (menjabat mulai 8 November 2006). WHO mewarisi banyak mandat dan persediaan dari organisasi sebelumnya, Organisasi Kesehatan, yang merupakan agensi dari LBB.
Asean.
-    UEFA
UEFA adalah badan sepak bola terbesar di dunia dari segi keuangan dan pengaruh kepada sepak bola dunia. UEFA didirikan pada 15 Juni 1954 di Basel, Swiss. Markasnya berada di Paris hingga 1959 ketika organisasi ini pindah ke Bern. Henri Delaunay adalah Sekretaris Jendral pertama dan Ebbe Schwartz presiden pertama. Sejak 1995, pusat administratifnya terletak di Nyon, Swiss. Saat ini ada 53 asosiasi sepak bola nasional yang bernaung di bawah UEFA.
-    OECD
Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD - Organisation for Economic Co-operation and Development) merupakan sebuah organisasi internasional dengan tiga puluh negara yang menerima prinsip demokrasi perwakilan dan ekonomi pasar bebas. Berawal tahun 1948 dengan nama Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi Eropa (OEEC - Organisation for European Economic Co-operation), dipimpin oleh Robert Marjolin dari Perancis, untuk membantu menjalankan Marshall Plan, untuk rekonstruksi Eropa setelah Perang Dunia II. Kemudian, keanggotaannya merambah negara-negara non-Eropa, dan tahun 1961, dibentuk kembali menjadi OECD oleh Konvensi tentang Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi.
-    PBB
Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC, namun Sidang Umum yang pertama - dihadiri wakil dari 51 negara - baru berlangsung pada 10 Januari 1946 (di Church House, London). Dari 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa, yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB.
Sejak didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 sedikitnya 192 negara menjadi anggota PBB. Semua .
-    OPEC
OPEC (singkatan dari Organization of the Petroleum Exporting Countries; bahasa Indonesia: Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi) adalah organisasi yang bertujuan menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi, harga dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak.
OPEC didirikan pada 14 September 1960 di Bagdad, Irak. Saat itu anggotanya hanya lima negara. Sejak tahun 1965 markasnya bertempat di Wina, Austria.
-    UNI eropa
Uni Eropa (UE, bahasa Inggris: European Union atau EU) adalah sebuah organisasi antar-pemerintahan dan supra-nasional, yang terdiri dari negara-negara Eropa, yang sejak 1 Januari 2007 telah memiliki 27 negara anggota. Persatuan ini didirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih dikenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992. Namun, banyak aspek dari EU timbul sebelum tanggal tersebut melalui organisasi sebelumnya, kembali ke tahun 1950-an.
-    ISO
Organisasi Internasional untuk Standardisasi (bahasa Inggris: International Organization for Standardization disingkat ISO atau Iso) adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara. Pada awalnya, singkatan dari nama lembaga tersebut adalah IOS, bukan ISO. Tetapi sekarang lebih sering memakai singkatan ISO, karena dalam bahasa Yunani isos berarti sama (equal). Penggunaan ini dapat dilihat pada kata isometrik atau isonomi.
Didirikan pada 23 Februari 1947, ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. ISO, yang merupakan lembaga nirlaba internasional, pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja.
-    FIA
Fédération Internationale de l'Automobile, atau disingkat FIA, adalah asosiasi non-profit yang didirikan pada 20 Juni 1904 yang mewakili kepentingan individu dan organisasi otomotif.
Didirikan dengan nama Association Internationale des Automobile Clubs Reconnus (AIACR), bermarkas di 8, Place de la Concorde, Paris, Perancis, terdiri dari 207 anggota berasal dari 122 negara di seluruh dunia. Presidennya yang sekarang adalah Max Mosley.
FIA lebih dikenal sebagai badan yang membawahi kegiatan olahraga balap motor. Sejak 1922, FIA telah mendelegasikan pengorganisasian balap motor ke CSI (Commission Sportive Internationale), sebuah komite otonom yang kemudian menjadi FISA (Fédération Internationale du Sport Automobile).


B.    BENUA AUSTRALIA
1.Kenampakan Alam Benua Australia
Benua Australia mudah dikenali pada peta karena letaknya menyendiri. Wilayah Benua Australia berada di belahan bumi selatan. Relief Benua Australia relatif rata dibanding benua lain.

Benua Australia dapat dibagi menjadi lima wilayah  sebagai  berikut:
Wilayah Plato Barat, Plato Hammersley (Australia Barat), Plato Kimberly (Australia Barat), Plato Arnhem Land (Teritorial Utara). Pegunungan, Pegunungan Macdonnell (Teritorial Utara), Pegunungan Musgrave (Australia Selatan dan Barat)
Wilayah Dataran Rendah Tengah, Basin Carpentaria (Queensland), Basin Eyre (Australia Selatan), Basin Murray-Darling (News South Wales), Dataran Nullarbor (Australia Barat dan Selatan). Gurun Simpson (Teritorial Utara dan Australia Selatan), Gurun Great Sandy (Australia Barat), Gurun Gibson (Australia Barat), Gurun Great Victoria (Australia Barat dan Selatan).
Dnau, Danau Eyre (Australia Selatan), terbesar di Australia, Danau Torrens (Australia Selatan), Danau Frome (Australia Selatan), Danau Gairdner (Australia Selatan)
Sungai, Sungai Murray-Darling (Australia Selatan dan New South Wales), terpanjang di Australia.
Wilayah Dataran Tinggi Timur
Pegunungan Pemisah Besar (Queensland dan New South Wales), Pegunungan Biru (New South Wales), Pegunungan Salju (New South Wales dan Victoria), Gunung Kasciusko (2.228 km) di New South Wales, tertinggi di Australia
Wilayah Dataran Pantai Barat
Sungai Gascoyne (Australia Barat), Sungai Murchison (Australia Barat), Sungai Asburton (Australia Barat)
Wilayah Dataran Pantai Timur
Karang Penghalang Besar (Queensland), Sungai Burdekin (Queensland), Sungai Dawson (Queensland)
Iklim
Wilayah Australia beriklim tropis, subtropis, dan sedang. Musim di Australia yaitu musim panas, gugur, dingin, dan semi.Penduduk Australia berasal dari suku Aborigin (penduduk asli) dan bangsa Eropa.
Kenampakan buatan terkenal di benua Australia : Jembatan Pelabuhan dan Gedung Opera di Sydney, Antena Raksasa di Canberra, dan Stadion olahraga di Sydney. Australia memiliki binatang khas yaitu Kanguru.
2. Letak Historis Dan Geologis Benua Australia
a.letak historis   
Berjemur di atas pasir keemasan Surfers Paradise, snorkeling melintasi keragaman warna harta terpendam di Great Barrier Reef dan berkendara mobil gardan ganda di Pulau Fraser. Jelajahi Hutan Hujan Daintree yang penuh pesona magis dengan seorang pemandu asli Aborigin atau menyewa perahu untuk menyusuri Kepulauan Whitsunday yang belum terjamah. Menikmati waktu bersantai di Noosa, bermain di pesisir pantai Capricorn Coast dan melihat jejak kaki dinosaurus di dekat Winton. Menyelam dari kota nan elok Bundaberg dan menjelajah padang semak melintasi taman nasional di dekat Mackay. Mengunjungi kilang anggur dan rodeo di Southern Queensland Country dan berkuda di Pulau Magnetic Townsville. Apa pun cara Anda menjelajahi Queensland, keindahan alam dan gaya hidupnya akan selalu terkenang.
Berjemur di atas pasir keemasan Surfers Paradise, snorkeling melintasi keragaman warna harta terpendam di Great Barrier Reef dan berkendara mobil gardan ganda di Pulau Fraser. Jelajahi Hutan Hujan Daintree yang penuh pesona magis dengan seorang pemandu asli Aborigin atau menyewa perahu untuk menyusuri Kepulauan Whitsunday yang belum terjamah. Menikmati waktu bersantai di Noosa, bermain di pesisir pantai Capricorn Coast dan melihat jejak kaki dinosaurus di dekat Winton. Menyelam dari kota nan elok Bundaberg dan menjelajah padang semak melintasi taman nasional di dekat Mackay. Mengunjungi kilang anggur dan rodeo di Southern Queensland Country dan berkuda di Pulau Magnetic Townsville. Apa pun
Bersenang-senang di atas pasir atau di berbagai klub malam kelas dunia yang ada di Surfers Paradise. Lalu menjelajahi hutan hujan yang menjadi Warisan Dunia di pedalaman Gold Coast, di sana Anda dapat berenang dalam kolam-kolam karang yang airnya sebening kristal, menjelajahi tempat bersantai di dalam hutan hujan, misalnya Gunung Tamborine serta melihat koloni kunang-kunang terbesar di Australia. Tentu saja Anda tidak boleh melewatkan tujuan wisata bertema yang ternama di Gold Coast. Melihat pertunjukan lumba-lumba dan singa laut di Sea World, menaiki kereta luncur tertinggi dan tercepat di dunia yang menegangkan di Dreamland, atau terjun ke dalam kolam ombak raksasa di Wet 'n' Wild Water Park.
Nikmati suasana cerah di Hasting Street Noosa atau berjumpa langsung dengan koala di hutan hujan pesisir di Taman Nasional Noosa. Bersepeda gunung atau menuruni puncak gunung berapi di pegunungan Glasshouse Mountains. Atau menjelajahi air terjun dan hutan hujan di Taman Nasional Kondalilla. Menjelajahi berbagai kafe, pub bergaya country, galeri seni dan butik di desa pegunungan yang tenang di Montville dan Maleny, di puncak pegunungan Blackall Ranges. Menyantap hidangan laut di Sungai Mooloolah di Mooloolaba dan bersantai di pantai Maroochydore yang luas. Di Caloundra yang cocok bagi keluarga, Anda bisa menikmati pantai-pantai selancar yang luar biasa serta muara sungai yang dipenuhi ikan.
Bersantai di Cairns yang kosmopolitan, dan mengikuti tamasya sehari ke Great Barrier Reef yang merupakan salah satu Warisan Dunia. Snorkeling atau menyelam di perairan tropis yang hangat di antara terumbu karang warna-warni, bunga karang dan kawanan ikan. Atau menjelajahi Hutan Hujan Daintree yang alami dan penuh pesona magis. Di sini Anda bisa berpesiar di atas Sungai Daintree, melintasi burung, berbagai jenis hewan, dan buaya atau menyeberanginya dengan kapal feri menuju desa Cape Tribulation dengan mengendarai mobil gardan ganda. Lihat penampilan yang disajikan oleh teater tari khas Aborigin yang ternama di dunia, yaitu Tjapukai, lalu menumpang kereta Kuranda Scenic Railway menuju ke desa Kuranda, yang merupakan desa hutan hujan yang tenang. Memancing ikan di Mission Beach, tempat bertemunya hutan hujan dan terumbu karang, atau mencicipi koktail di kota resor yang ramai, Port Douglas. Manjakan diri Anda di spa atau kemah Palm Cove, memancing dan berkendara mobil gardan ganda ke hutan belantara terpencil di Cape York Peninsula. Menjelajahi sistem tabung lahar terbesar di dunia di Taman Nasional Undara Volcanic dan kastil bergaya Spanyol di Paronella Park yang berdiri sejak tahun 1930an.
Anda bisa berlayar, berenang, snorkeling, menyelam atau cukup bersantai di kepulauan Whitsundays – 74 pulau yang berhiaskan pohon palem dan berada di antara Great Barrier Reef dan Coral Sea. Nikmati kemewahan tempat peristirahatan bintang lima di Pulau Hayman dan berpesta di pulau Daydream atau Hamilton. Mengunjungi Pulau Whitsunday dan menjejakkan kaki di atas pasir putih bagai silika di Pantai Whitehaven. Berkemah di hutan belantara Pulau Hook, atau nikmati liburan alami di Pulau South Molle. Anda bisa menginap di kotanya para turis beransel, yaitu Airlie Beach atau menikmati kepulauan tropis dari atas perahu layar carteran.
Berkendara mobil gardan ganda melintasi tebing ragam warna, hutan hujan dan laguna air tawar di Pulau Fraser, pulau pasir terbesar di dunia, yang tercatat sebagai Warisan Dunia. Atau mengunjungi Pulau Lady Elliot di Bagian Selatan Great Barrier Reef. Berpesiar di dekat kawanan ikan paus bungkuk dan anak-anaknya dari Hervey Bay antara awal Juli hingga akhir Oktober. Melihat rumah-rumah khas penduduk Queenslander dan rumah-rumah bergaya kolonial di Maryborough yang bersejarah. Menapaki jalan setapak perkebunan anggur menyusuri South Burnett Valley yang subur, lalu berkemah dan menjelajahi padang semak di antara pohon strangler fig dan Bunya Pine di Pegunungan Bunya yang menjulang di belakangnya.
Melihat berbagai fosil yang berumur 25 juta tahun di Riversleigh Fossil Fields yang tercatat sebagai Warisan Dunia serta jejak kaki dinosaurus yang tercetak paling baik sedunia di Lark Quarry Dinosaur Trackways di dekat Winton. Berkano di atas perairan Lawn Hill Gorge yang airnya bagaikan jamrud di Taman Nasional Boodjamulla. Mencari batu opal di Opalton, Quilpie dan Yowah, batu kecubung di dekat Cloncurry dan batu bulan di Moonstone Hill. Berkendara dengan mobil gardan ganda menuju lintasan pedalaman yang ternama seperti Birdsville Track atau Plenty Highway. Atau mengikuti petualangan di atas jalan raya Matilda Highway, yang terbentang sepanjang lebih dari 1.700 km dari Cunnamulla menuju Karumba di Gulf of Carpentaria.

b. letak geologis
-    Perbatasan dan Keadaan Alam di Benua Australia
Di dunia ini memiliki 6 Benua secara keseluruhan, yaitu Benua Asia, Amerika, Eropa, Afrika, Australia dan Benua Antartika alias Kutub Selatan. Keenam benua tersebut memiliki batas wilayah / perbatasan antar benua.
Australia adalah Benua terkecil di dunia. Australia sering disebut sebagai negara benua, karena hanya satu negara didunia yang wilayahnya meliputi seluruh wilayah benua. benua ini letaknya disebelah selatan Kepulauan Indonesia.
1. Letak, Luas, dan Batas- Batas Benua Australia
Letak astronomis benua Australia : 113 BT- 155 BT dan 10 LS – 43 LS
Luas Benua Australia : 7.686.850 km’segi
Batas-Batas Benua Australia :
Barat : Samudra Hindia (Samudra Indonesia)
Timur: Samudra Pasifik
Utara : Laut Timor dan Laut Arafuru
Selatan : Samudra Hindia
Ibukota :  Canberra
Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
Bentuk Negara : Federasi
Kepala Negara : Ratu/ Raja Inggris diwakili Gubernur Jenderal
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri

2. Keadaan Alam
a. Wilayah Australia Barat terdapat Gurun, yaitu Gurun Pasir Besar, Gurun Gibson dan Gurun Victoria.
b. Flora antara lain hutan, sabana dan stepa.
c. Fauna antara lain Kangguru, Tikus berkatun, Platipus, Koala dan Burung Unta.
d. Iklim Gurun meliputi wilayah Australia bagian utara beriklim tropis, dan wilayah bagian selatan beriklim sedang.
3. Penduduk
Penduduk Asli: Suku Aborigin
Penduduk Pendatang: Orang Eropa terutama Inggris.
4. Negara Bagian dan Wilayah Teretorial Australia
Australia terdiri dari enam negara bagian dan dua wilayah teretorial. Berikut ini negara-negara bagian dan wilayah terretorial Australia:
1.    New South Walles Ibukota Sydney
2.    Queensland Ibukota Brisbane
3.    Australia Barat Ibukota Perth
4.    Australia Selatan Ibukota Adelaide
5.    Victoria Ibukota Melborne
6.    Tasmania Ibukota Hobart
7.    Teretorial Ibukota Australia Ibukota  Canbeera
8.    Teritorial Utara  atau Australia Utara Ibukota Darwin
5. Sejarah Australia
Australia berasal dari kata australis yang dalam bahasa latin berarti selatan. ” Terra Australis Incugnita” dalam cerita romawi berarti ” Daerah selatan yang tidak diketahui”.
Australia pertama kali ditemukan oleh pelaut Eropa, Willems Jansz, pada tahun 1606 di tanjung York. Penemu yang disebut New Holland ini berhasil dipetakan terutama pesisir barat dan utara. Kemudian pada tahun 1770 Jamess Cook datang sebagai wakil Britania Raya dan menamainya New South Walles.
3. Daftar Nama Negara Anggota Benua Australia Dan Ibu Kota
No    NamaNegara    Ibu Kota
1.    New South Wales    Sidney
2.    Victoria    Melbourne
3.    Queensland    Brisbane
4.    Australia Barat    Perth
5.    Australia Selatan    Adelaide
6.    Tasmania    Hobart
7.    Wilayah Australia Utara    Darwin
8.    Wilayah Ibukota Australia    Canberra


3.    Keuntungan Benua Australia
Ada beberapa keuntungan dari suatu sistem ekonomi liberal, yaitu:
•    Menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarakat dalam mengatur kegiatan ekonomi, karena masyarakat tidak perlu lagi menunggu perintah/komando dari pemerintah.
•    Setiap individu bebas memiliki untuk sumber-sumber daya produksi, yang nantinya akan mendorong partisipasi masyarakat dalam perekonomian.
•    Timbul persaingan semangat untuk maju dari masyarakat.
•    Menghasilkan barang-barang bermutu tinggi, karena adanya persaingan semangat antar masyarakat.
•    Efisiensi dan efektivitas tinggi, karena setiap tindakan ekonomi didasarkan motif mencari keuntungan.
4.      Kelemahan Benua Australia
Selain ada keuntungan, ada juga beberapa kelemahan daripada sistem ekonomi liberal, adalah:
•    Terjadinya persaingan bebas yang tidak sehat bilamana birokratnya korup.
•    Masyarakat yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin.
•    Banyak terjadinya monopoli masyarakat.
•    Banyak terjadinya gejolak dalam perekonomian karena kesalahan alokasi sumber daya oleh individu.
•    Pemerataan pendapatan sulit dilakukan karena persaingan bebas tersebut.


5.    Organisasi internasional di benua Australia
WTO, World Trade Organization) adalah organisasi internasional yang mengawasi banyak persetujuan yang mendefinisikan "aturan perdagangan" di antara anggotanya (WTO, 2004a). Didirikan pada 1 Januari 1995 untuk menggantikan GATT, persetujuan setelah Perang Dunia II untuk meniadakan hambatan perdagangan internasional. Prinsip dan persetujuan GATT diambil oleh WTO, yang bertugas untuk mendaftar dan memperluasnya.
WTO merupakan pelanjut Organisasi Perdagangan Internasional (ITO, International Trade Organization). ITO disetujui oleh PBB dalam Konferensi Dagang dan Karyawan di Havana pada Maret 1948, namun ditutup oleh Senat AS (WTO, 2004b).
WTO bermarkas di Jenewa, Swiss. Direktur Jendral sekarang ini adalah Pascal Lamy (sejak 1 September 2005). Pada Juli 2008 organisasi ini memiliki 153 negara anggota. Seluruh anggota WTO diharuskan memberikan satu sama lain status negara paling disukai, sehingga pemberian keuntungan yang diberikan kepada sebuah anggota WTO kepada negara lain harus diberikan ke seluruh anggota WTO (WTO, 2004c).
Pada akhir 1990-an, WTO menjadi target protes oleh gerakan anti-globalisasi.
WTO memiliki berbagai kesepakatan perdagangan yang telah dibuat, namun kesepakatan tersebut sebenarnya bukanlah kesepakatan yang sebenarnya. Karena kesepakatan tersebut adalah pemaksaan kehendak oleh WTO kepada negara-negara untuk tunduk kepada keputusan-keputusan yang WTO buat.
Privatisasi pada prinsip WTO memegang peranan sungguh penting. Privatisasi berada di top list dalam tujuan WTO. Privatisasi yang didukung oleh WTO akan membuat peraturan-peraturan pemerintah sulit untuk mengaturnya. WTO membuat sebuah peraturan secara global sehingga penerapan peraturan-peraturan tersebut di setiap negara belum tentulah cocok. Namun, meskipun peraturan tersebut dirasa tidak cocok bagi negara tersebut, negara itu harus tetap mematuhinya, jika tidak, negara tersebut dapat terkena sanksi ekonomi oleh WTO.
Negara-negara yang tidak menginginkan keputusan-keputusan yang dirasa tidak fair, tetap tidak dapat memberikan suaranya. Karena pencapaian suatu keputusan dalam WTO tidak berdasarkan konsensus dari seluruh anggota. Merupakan sebuah rahasia umum bahwa empat kubu besar dalam WTO (Amerika Serikat, Jepang, Kanada, dan Uni Eropa) lah yang memegang peranan untuk pengambilan keputusan. Pertemuan-pertemuan besar antara seluruh anggota hanya dilakukan untuk mendengarkan pendapat-pendapat yang ada tanpa menghasilkan keputusan. Pengambilan keputusan dilakukan di sebuah tempat yang diberi nama "Green Room". Green Room ini adalah kumpulan negara-negara yang biasa bertemu dalam Ministerial Conference (selama 2 tahun sekali), negara-negara besar yang umumnya negara maju dan memiliki kepentingan pribadi untuk memperbesar cakupan perdagangannya. Negara-negara berkembang tidak dapat mengeluarkan suara untuk pengambilan keputusan.

C.  BENUA AFRIKA
Benua Afrika dikenal dengan julukan Benua Hitam. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk di kawasan benua ini adalah orang-orang kulit hitam (negro).
1.    Kenampakan Alam Benua Afrika
Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia. Luas Benua Afrika lebih dari 30 juta km2. Bila kamu amati pada peta, bentuk Benua Afrika tampak seperti sepatu bot. Wilayah di bagian utara lebih lebar dibanding bagian tengah dan selatan. Benua Afrika terletak di sebelah selatan Benua Eropa dan Asia. Semenanjung Sinai dan Laut Merah memisahkan Benua Afrika dan Asia. Di semenanjung ini terdapat Terusan Suez
Wilayah di bagian utara dan barat Benua Afrika berupa dataran rendah. Wilayah di bagian selatan dan timur Benua Afrika berupa dataran tinggi. Daerah dataran tinggi berlereng curam dan sering berdekatan dengan pantai. Keadaan ini menyebabkan dataran pantainya sempit.


Bentang  alam di benua Afrika meliputi sebagai berukut :
Gunung/Pegunungan, Pegunungan Atlas (Maroko-Aljazair), Pegunungan Mitumba (Rep. Demokrasi Kongo), Pegunungan Drakensberg (Afrika Selatan), Gunung Kilimanjaro (5.895 m) di Tanzania, tertinggi di Afrika. Gunung Ruwen zori (Rep. Demokrasi Kongo)
Dataran Tinggi/Plato dan Gurun, Plato Etiopia (Etiopia), Plato Du Taimait (Aljazair), Gurun Sahara (terluas di dunia), membentang di wilayah Mauritania, Mali, Niger, Chad, dan Sudan. Gurun Kalahari (Botswana), Gurun Namib (Namibia), Gurun Libia (Libia), Gurun Arabia (Mesir)
Danau, Danau Nyasa (Mozambik,Tanzania dan Malawi), Danau Tanganyika (Tanzania, Zambia, Rep. Demokrasi Kongo, dan Burundi), Danau Victoria (Tanzania, Uganda, dan Kenya), Danau Chad (Chad, Niger, dan Nigeria), Danau Nasser (Mesir), Sungai, Sungai Nil (6.671 km) di Mesir dan Sudan, terpanjang di dunia. Sungai Kongo/Zaire (Rep. Demokrasi Kongo dan Kongo),
Danau, Danau Nyasa (Mozambik,Tanzania dan Malawi), Danau Tanganyika (Tanzania, Zambia, Rep. Demokrasi Kongo, dan Burundi), Danau Victoria (Tanzania, Uganda, dan Kenya), Danau Chad (Chad, Niger dan Nigeria), Danau neser  (Mesir)

             Sungai, Sungai Nil (6.671 km) di Mesir dan Sudan, terpanjang di dunia. Sungai Kongo/Zaire (Rep. Demokrasi Kongo dan Kongo), Sungai Niger (Nigeria, Niger, dan Mali), Sungai Zambezi (Mozambik), Sungai Orange (Afrika Selatan dan Namibia)

              Iklim, Sebagian besar wilayah Benua Afrika berada di sekitar khatulistiwa sehingga beriklim tropis dan subtropis. Di daerah gurun beriklim gurun.
Penduduk, Penduduk di Benua Afrika terdiri atas bangsa Negro (penduduk asli), Hamit, Semit, Eropa, dan orang kerdil (Bushmen, Hotentot, dan Pygmi).
Kenampakan buatan terkenal di Afrika : Bendungan Raksasa Karibia, Piramida dan Sphink di Mesir, dan Terusan Zues di Mesir.
Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi dan bergurun. Meski demikian, terdapat juga kawasan-kawasan subur di dataran rendah, misalnya di Lembah Sungai Nil dan Lembah Sungai Zaire yang merupakan lembah sungai terbesar kedua setelah Lembah Sungai Amazone.
1)    Iklim di Afrika
Kondisi fisik Afrika tersebut memengaruhi variasi iklim yang terjadi. Di daerah pantai, iklimnya dipengaruhi oleh iklim laut, di daerah 0° terdapat iklim tropis yang basah sehingga banyak terjadi hujan, sedangkan di bagian Utara dan Selatan mendapat pengaruh angin gurun sehingga beriklim subtropis yang kering. Khusus di bagian Utara, sedikit terpengaruh iklim Laut Mediteran.
2)    Gurun di Afrika
Persebaran gurun di Benua Afrika dapat dijumpai di sekitar garis balik Utara dan garis balik Selatan. Kawasan gurun di bagian Selatan memiliki posisi atau letak yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kawasan gurun di bagian Utara. Namun begitu, gurun di bagian Utara memiliki wilayah yang lebih luas. Gurun di wilayah Utara dikenal dengan sebutan Gurun Sahara (± 9.065.000 km²), membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di Timur. Adapun gurun di wilayah Selatan, yaitu Gurun Kalahari dan Gurun Namibia.
3)    Gunung, pegunungan, dan plato di Afrika
Plato dan pegunungan banyak terdapat di Afrika bagian Selatan. Kawasan tersebut banyak memiliki mata air dan aliran sungai dengan ketinggian antara 500 – 1.200 m dari permukaan laut. Plato dan pegunungan di Afrika yang terkenal adalah Plato Umbagi dan Plato Tassilin-Ajjer di Sahara, Plato Shaba di bagian Tenggara, Plato Lunda dan Plato Drakensberg di bagian Selatan, Dataran Tinggi Ethiopia di sebelah Timur, serta Plato Angola di bagian tengah. Pegunungan yang terdapat di Afrika, yaitu Pegunungan Atlas yang membentang dari Pantai Barat Laut Afrika hingga Tunisia dan Pegunungan Cape di bagian Selatan. Gunung di Afrika pada umumnya tidak aktif, namun masih ada beberapa yang aktif. Adapun titik tertinggi Afrika berada di Gunung Kilimanjaro (5.894 m) di Afrika Timur yang selalu tertutup salju.
4)    Sungai dan danau  di Afrika
Afrika banyak memiliki sungai besar. Sungai-sungai terkenal di Afrika adalah Sungai Nil yang panjangnya 6.500 km (terpanjang di dunia), Sungai Kongo, Sungai Orange di Afrika Selatan, Sungai Niger di Nigeria, dan Sungai Zambesi di Zambia. Beberapa aliran sungai tersebut dibendung untuk irigasi dan pembangkit listrik, misalnya bendungan Aswan yang membendung Sungai Nil dan bendungan Akosombo yang membendung Sungai Volta di Ghana. Danau-danau di Afrika, yaitu Danau Victoria (± 69.484 km²) merupakan danau terbesar di Afrika, Danau Tanganyika, Danau Mobutu, Danau Rudolf, Danau Chad, dan Danau Zambesi. Selain itu, Afrika juga memiliki banyak air terjun besar, yaitu air terjun Tuguela di Afrika Selatan (984 m) dan air terjun Victoria (108 m) di Zimbabwe.
5)    Flora dan fauna di Afrika
Kondisi flora dan fauna terkait dengan kondisi iklimnya. Di kawasan iklim hujan tropis (di bagian Afrika Tengah) terdapat variasi tumbuhan dan hutan hujan yang sangat lebat. Di bagian Utara dan Selatan (subtropis) terdapat stepa dan sabana yang luas, sedangkan di kawasan gurun hanya terdapat stepa dan tumbuhan kaktus. Kondisi alam Benua Afrika sangat mendukung penyebaran fauna. Afrika mempunyai banyak jenis fauna, terutama hewan mamalia besar. Fauna khas Afrika, yaitu addax, zarafah, zebra, antilop, kuda nil, badak, dan gajah. Meskipun mempunyai kemiripan fisik dengan hewan-hewan sejenis di Asia, namun hewan-hewan Afrika memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar daripada hewan-hewan sejenis di Asia.


2.    Letak Historis Dan Geologis Benua Afrika
a.letak historis
    a . Letak, Luas, dan Batas
Asia merupakan benua terbesar di dunia dengan luas mencapai ± 43.998.920 km², meliputi hampir 30,6% dari luas wilayah daratan dunia.
Secara astronomis, wilayah Benua Asia terletak antara
± 15°BT - 180°BT dan ± 75°LU - 11°LS dengan batas-batas wilayah
berikut ini.
1) Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik (Kutub Utara).
2) Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Benua Australia.
3) Sebelah Barat dengan Benua Eropa dan Laut Merah.
4) Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik.
    b. Kondisi Fisik
Benua Asia memiliki relief dan kondisi alam yang bervariasi, yaitu ada titik tertinggi dan ada titik terendah, ada dataran tinggi dan ada dataran rendah, ada kawasan yang sangat panas dan ada kawasan yang sangat dingin, serta ada daerah yang subur dan ada daerah yang tandus.
1 ) Iklim
Berdasarkan letak lintangnya, Benua Asia dilalui garis
khatulistiwa (0°) di bagian Tenggara (Indonesia) dan garis balik
Utara pada lintang 23½° LU.
Kondisi ini menyebabkan benua ini memiliki variasi iklim berikut ini.
a) Iklim monsun tropis, terjadi di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan.
b) Iklim subtropis, terjadi di kawasan Asia Tengah dan Asia Timur.
c) Iklim gurun, terjadi di kawasan Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Timur.
d) Iklim dingin, terjadi di kawasan Siberia (Asia Utara).
2 ) Gurun di Asia
Asia merupakan benua yang memiliki banyak wilayah gurun, yaitu Gurun Arab (± 2.590.000 km²) di Asia Barat, Gurun Thar (± 453.000 km²) di perbatasan Asia Barat dan Asia Selatan, Gurun Karakum (± 350.000 km²) di perbatasan Asia Tengah dan Eropa Timur, Gurun Kyzykum (± 298.000 km²) di Asia Tengah, serta Gurun Gobi (± 1.295.000 km²) dan Gurun Taklimakan (± 272.000 km²) di kawasan Asia Timur. Gurun-gurun di Asia memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan gurun-gurun yang ada di benua lain. Berikut ini beberapa keunikan dari gurun-gurun di Asia.
a) Gurun Gobi merupakan gurun terdingin di dunia, suhunya bisa mencapai -40°C.
b) Gurun Arab merupakan gurun paling berpasir di dunia.
Umumnya, gurun hanya memiliki 10 - 15% pasir, sementara di Gurun Arab memiliki kandungan pasir yang lebih besar.
c) Letak gurun tertinggi dan gurun terendah terdapat di RRC.
Gurun tertinggi berada di Lembah Qaidam (2.600 m dari permukaan laut) sedangkan gurun terendah berada di Lembah Tupan atau Turfan (150 m di bawah permukaan laut).
3 ) Gunung dan pegunungan di Asia
Gunung dan pegunungan yang ada di kawasan Asia adalah suatu rangkaian jalur gunung api.
Gunung dan pegunungan yang terkenal di Asia, yaitu Pegunungan Himalaya - Karakoram di Nepal, Pegunungan Hindukush di perbatasan Afghanistan dan Pakistan, Pegunungan Altay dan Kunlun di RRC, Pegunungan Arakan Yoma di Asia Tenggara, Pegunungan Bukit Barisan dan Pegunungan Jaya Wijaya di Indonesia, Pegunungan Sulaiman di Afghanistan, dan Pegunungan Ghat di India. Puncakpuncak tertinggi terdapat di Pegunungan Himalaya, yaitu Gunung Everest (8.848 m) yang merupakan puncak tertinggi di dunia.
4 ) Dataran tinggi di Asia
Benua Asia juga memiliki banyak wilayah dataran tinggi, yaitu Dataran Tinggi Tibet di bagian Barat Daya Cina yang merupakan dataran tinggi terluas dan tertinggi (ketinggiannya mencapai 4.875 m dari permukaan laut), Dataran Tinggi Dekkan di India, Dataran Tinggi Anatolli di Turki (Asia Barat), Dataran Tinggi Mongolia di Asia Tengah, Dataran Tinggi Afghanistan, dan Dataran Tinggi Siberia di bagian Utara Asia.
5 ) Dataran rendah dan sungai di Asia
Dataran rendah Asia, misalnya Dataran Rendah Pakistan Timur, Dataran Rendah Asia Tenggara, Dataran Rendah Siberia Barat, dataran rendah di sebelah Timur Laut Kaspia, dataran rendah di India Utara dan Bangladesh, Dataran Rendah Irak, serta Dataran Rendah Cina Timur. Dataran-dataran rendah tersebut pada umumnya dialiri sungai-sungai utama, yaitu Sungai Ob di Siberia, Sungai Indus di Pakistan, Sungai Gangga dan Brahmaputra di India- Bangladesh, Sungai Tigris dan Eufrat di Irak, Sungai Yang Tse dan Sungai Huang Ho di Cina, serta Sungai Mekong dan Sungai Chao Praya di Asia Tenggara. Aliran Sungai Brahmaputra memiliki wilayah delta terluas, yaitu mencapai 75.000 km².
6 ) Danau di Asia
Benua Asia memiliki banyak danau. Beberapa danau utama di kawasan Asia, yaitu Danau Laut Kaspia di perbatasan Kazakstan, Turkmenistan, dan Iran (Asia Barat) yang merupakan danau terluas di dunia; Danau Aral dan Danau Balkhash di Kazakstan; Danau Baykal yang merupakan danau terdalam di dunia dan Danau Chany di Siberia (Asia Utara); Danau Tonle Sap dan Danau Toba di Asia Tenggara; serta Danau Tsinghai, Danau Lung Ting Hu, Danau Po Tang Ha, dan Danau Tal di Cina (Asia Timur).
7 ) Flora dan fauna
Variasi iklim memengaruhi variasi flora dan faunanya. Di bagian Utara yang dingin, tumbuhan yang dominan adalah jenis tumbuhan tundra, seperti pohon-pohon berdaun jarum, lumut, dan rumput; sedangkan fauna khasnya adalah beruang siberia, rusa kutub, anjing laut, dan rubah. Di bagian tengah didominasi kawasan stepa dan sabana karena sedikit hujan. Di bagian Selatan, yang banyak terjadi hujan, terdapat kawasan hutan hujan yang memiliki beraneka jenis tumbuhan dan hewan. Fauna khas Asia yang dilindungi adalah badak, komodo, panda, gajah, harimau, beruang, dan berbagai jenis burung. Hewan-hewan tersebut perlu dilindungi karena populasinya semakin berkurang.

b. letak geologis
-    Luas Wilayah Benua Afrika.
    Luas benua Afrika kurang lebih 30.295.000 km2.
-    Letak Astronomis Benua Afrika.
    Benua Afrika terletak antara 380 LU-350 LS dan 170 BB-510 BT.
-    Letak Geografis Benua Afrika.
    Menurut letak geografisnya benua Afrika terletak antara Samudera Hindia dan Samudera Atlantik.
-    Batas-batas wilayah Benua Afrika.
    Batas-batas benua Afrika adalah sebagai berikut:
    Utara : Laut Tengah.
    Timur : Laut Merah dan Samudera Hindia.
    Selatan : Samudera Hindia dan Samudera Atlantik.
    Barat : Samudera Atlantik.
-    Bentang Alam Benua Afrika.
    Daerah Afrika terdiri dari Pegunungan tinggi, Gurun, Lembah, dan daerah depresi. Pegunungan di selatan dan timur, lebih tinggi dari pegunungan yang ada di utara dan barat. Gunung tertinggi adalah G. Kilimanjaro (6.010 m) yang terletak di Tanzania. Di Afrika utara terdapat gurun Sahara, yang merupakan gurun terluas di bumi. Sungai yang terdapat di Afrika antara lain adalah sungai Nil, yang merupakan sungai terpanjang di bumi (6.690 km). Di Afrika terdapat beberapa danau yang besar antara lain danau Victoria, danau Tanganyika, dan danau Malawi.
-    Iklim di Benua Afrika.
    Secara umum iklim di Afrika dapat dibagi menjadi beberapa wilayah:
    Daerah beriklim tropis. Meliputi Afrika tengah dekat Khatulistiwa.
    Daerah beriklim Sub Tropis. Ada di ujung utara dan selatan Afrika.
    Daerah beriklim darat atau gurun. Ada di Afrika utara bagian tengah.
-    Flora dan Fauna.
    Tumbuhan-tumbuhan di Afrika dapat dikelompokan menjadi tumbuhan dataran tinggi, hutan hujan tropis, dan padang rumput. Beberapa tumbuhan khas Afrika antara lain Papirus, Akasia, dan Kurma. jenis hewan yang ada di Afrika antara lain gajah, kera ekor panjang, zebra, burung kaswari, dan sebagainya.
    H.Keadaan Penduduk di Benua Afrika.
-    Pada tahun 1998, penduduk Afrika berjumlah kurang lebih 763.000.000 jiwa. Mayoritas penduduk Afrika adalah bangsa Negro. Bangsa Negro di Afrika dapat dikelompokan menjadi dua golongan yaitu Negro Sudan, yang kulitnya lebih gelap dan Negro Bantu, yang kulitnya lebih terang dari Negro Sudan. Bahasa pemersatu di Benua Afrika adalah bahasa Swahili, sedangkan bahasa lain yang persebarannya lebih luas adalah bahasa Arab.
-    Kegiatan Ekonomi Penduduk di Benua Afrika.
-    Kegiatan ekonomi di Afrika antara lain adalah pertanian, pertambangan, dan  perindustrian.
-    Daftar Negara asia
3.    Daftar Nama Negara Anggota Benua Afrika Dan Ibu Kota

4.    Kelebihan Benua Afrika
Beberapa tahun lalu, Afrika dilirik sebagai Negara penghasil budak. Penduduk Afrika dibawa ke berbagai belahan bumi, khususnya Amerika dan Eropa untuk dijadikan buruh yang diperlakukan semena-mena. Namun, Afrika sekarang sudah berbeda dengan pandangan orang luar beberapa tahun lalu. Afrika sudah tidak dipandang sebelah mata lagi. Afrika memiliki berbagai macam keunggulan-keunggulan yang sangat luar biasa.
Keunggulan dari benua ini, antara lain :
1. Afrika memiliki kandungan sumber daya alam yang sangat luar biasa yang tentunya sangat vital bagi sector industri. Sumber daya ala tersebut terdiri atas 16 % mangan, 26 % antimoni, 35 % platinum, 43 % vanadium, dan 66 % emas dari jumlah keseluruhan yang ada di dunia.
2. Kawasan Afrika, khususnya daerah Afrika Utara merupakan kawasan yang sangat strategis. Kawasan ini merupakan jalur penghubung dari dan ke eropa dengan berbagai Negara lain.
3. Afrika juga memiliki pekerja yang murah yang dibawa ke Eropa dan Amerika untuk dijadikan tenaga untuk mendirikan infrastruktur fisik maupun bekerja kawasan pertambangan dan industry.
4. Tingkat kepadatan penduduk di Afrika yang rendah, bisa jadi merupakan tempat pindahnya orang-orang di Eropa dan Amerika yang daerahnya sudah sangat padat.
Dari berbagai macam keunggulan yang dimiliki oleh Afrika tersebut, ada satu masalah yang sangat serius dihadapi oleh benua ini. Masalah tersebut adalah ketersediaan tenaga terampil. Hal ini menjadi masalah yang sangat serius di kawasan ini. Kemiskinan yang terjadi di kawasan ini bisa saja diakibatkan oleh ketidak tersediaanya tenaga terampil tersebut. Karena tidak adanya tenaga terampil, maka sudah pasti benua ini bergantung kepada asing. Ketergantungan kepada asing inilah yang menyebabkan daerah ini tidak begitu menikmati sumber daya yang ada di negaranya. Konflik yang terjadi di benua ini pada awalnya terjadi akibat pembagian-pembagian daerah yang dilakukan oleh asing pada masa kolonialisasi. Bangsa asing tersebut tidak mempelajari persebaran suku yang ada di kawasan tersebut. Daerah di bagi begitu saja tanpa mempertimbangkan hal tersebut. Sehingga tidak jarang kita menemui satu suku terbagi dalam 4 negara. Dari situlah terjadi perang saudara, perang
Benua Afrika memiliki karektaristik atau ciri khas yang dapat membedakan dari benua-benua lain yang ada di muka bumi ini. Berikut ini beberapa karektaristik Benua Afrika :
a.    Benua Afrika mempunyai wilayah daratan di benua lain, yaitu Semenanjung Sinai di Benua Asia.
b.    Benua Afrika memiliki wilayah gurun terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara.
c.    Benua Afrika memiliki aliran sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil.
d.    Benua Afrika merupakan benua termiskin bila dibandingkan dengan benua-benua lainnya.
e.    Benua Afrika mempunyai ketampakan alam berupa Lembah Celah Besar (The Great Rift Valley) yang terbentang sepanjang 6.400 km dari pantai Laut Merah di Afrika Timur hingga Danau Tanganyika di Afrika Selatan.
f.    Benua Afrika memiliki Terusan Suez yang menghubungkan Laut Merah dengan Laut Tengah sehingga mempersingkat lalu 7) Benua Afrika memiliki bangunan-bangunan bersejarah, seperti piramida, patung Sphinx, dan patung raja Ramses II.
5.    Kelemahan Benua Afrika
-    Ekonomi
Afrika Selatan adalah sebuah negara maju dengan penduduk yang berpendapatan sederhana. Negara ini kaya dengan bahan tambang terutamanya bahan tambang bernilai tinggi seperti emas, platinum dan berlian. Ia juga mempunyai sistem keuangan, perundangan, telekomunikasi, energi, infrastruktur yang maju dan modern. Bursa sahamnya di Johannesburg begitu aktif hingga pernah berada di urutan ke-10 terbesar di dunia.
Sejak kedatangan Inggris di sana, ekonomi negara bergantung kepada sektor pertambangan. Tetapi beberapa dasawarsa yang lalu, kegiatan tersebut telah digantikan oleh sektor produksi. Sektor industri Afrika Selatan yang sangat maju, dan merupakan ekonomi ke-25 terbesar di dunia. Dengan hanya 7% penduduk dan 4% jumlah kawasan keseluruhan Afrika, Afrika Selatan mengeluarkan lebih sepertiga produk dan jasa di Afrika, dan hampir 40 % pengeluaran industri di Afrika. Bahan komoditas yang diekspor: alat-alat mesin, makanan dan peralatan, bahan kimia, produk petroliam dan peralatan ilmiah.
Namun demikan, wabah HIV merupakan masalah yang kritikal di negara ini. Diperkirakan 4,79 juta penduduknya dijangkiti AIDS dan pemerintahan Afrika yang baru terpaksa mengeluarkan berjuta-juta Rand untuk menangani masalah ini. Sejak Afrika Selatan membuka perbatasannya selepas berakhirnya Apartheid, sindikat NAPZA internasional telah memasuki negara ini. Kini Afrika Selatan adalah produsen mariyuana terbesar di dunia. Pergolakan politik di Zimbabwe juga memberi dampak yang buruk kepada ekonomi negara ini. Banyak investor asing khawatir masalah ini akan berpengaruh kepada Afrika Selatan. Pada tahun 2002, masalah-masalah ini telah menjadi faktor utama penurunan nilai Rand sebanyak 30 persen tetapi pada tahun 2004 mata uang Rand telah kembali kokoh.
Akibat dasar apartheid yang dilaksanakan selama lebih dari empat dasawarsa, kemiskinan di kalangan penduduk kulit hitam merupakan masalah paling utama pemerintahan baru Afrika Selatan. Pada akhir 1980-an dianggarkan 16 juta penduduknya hidup di bawah paras kemiskinan dan 2,3 juta orang berisiko kekurangan gizi dan kekurangan pangan. Walaupun begitu, pemerintahan kulit hitam Afrika Selatan telah berhasil mengurangkan kemiskinan dari 42% pada 1994 ke 24% pada tahun 2003.
6.    Organisasi Internasional Di Benua Afrika
Lebih dari satu dasawarsa, hubungan luar negeri Australia telah dikendalikan oleh hubungan dekat dengan Amerika Serikat melalui Pakta ANZUS, dan karena adanya suatu harapan untuk mengembangkan hubungan dengan Asia dan Pasifik, khususnya melalui ASEAN dan Forum Kepulauan Pasifik. Pada tahun 2005, Australia mengamankan kursi perdana pada Pertemuan Puncak Asia Timur sebagai tindak lanjut akan Traktat Persahabatan dan Kerjasama di Asia Tenggara. Australia adalah anggota Dunia Persemakmuran, di mana rapat-rapat para kepala negara persemakmuran menyediakan forum utama bagi terbinanya kerjasama.[92]
Australia adalah salah satu perintis perdagangan bebas internasional. Hal itu turut menjadi pemicu terbentuknya Kelompok Cairns dan Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik. Australia adalah anggota Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi dan Organisasi Perdagangan Dunia, dan mengikuti beberapa perjanjian perdagangan bebas dwipihak utama, yang terbaru adalah Perjanjian Perdagangan Bebas Australia–Amerika dan Hubungan Ekonomi Dekat dengan Selandia Baru,[101] dengan perjanjian perdagangan bebas lainnya sedang dinegosiasikan dengan Cina - Perjanjian Perdagangan Bebas Australia–Cina - dan Jepang Korea Selatan pada tahun 2011, Perjanjian Perdagangan Bebas Australia–Cile, Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN–Australia–Selandia Baru, dan Kemitraan Ekonomi Strategis Trans-Pasifik.
Bersama Selandia Baru, Britania Raya, Malaysia, dan Singapura, Australia adalah anggota Five Power Defence Arrangements, sebuah perjanjian pertahanan di kawasan. Sebagai anggota perintis Perserikatan Bangsa-Bangsa, Australia sangat berkomitmen pada multilateralisme,[105] dan memelihara program bantuan internasional, di mana 60 negara menerima bantuan tersebut. Anggaran 2005–2006 menyediakan 2,5 miliar dolar Australia untuk bantuan pembangunan;  sebagai persentase GDP, sumbangan ini lebih kecil daripada apa yang dianjurkan dalam Sasaran Pembangunan Milennium-nya PBB. Australia menduduki peringkat ketujuh dalam hal Indeks Komitmen terhadap Pembangunan versi Center for Global Development tahun 2008.[107]
Anggota Militer Australia, atau Tentara Pertahanan Australia (ADF)—terdiri dari Angkatan Laut Kerajaan Australia (RAN), Angkatan Darat Australia, and Angkatan Udara Kerajaan Australia (RAAF), seluruhnya berjumlah 80.561 orang (termasuk 55.068 regular dan 25.493 cadangan)  Gelar Panglima Tertinggi dipegang oleh Gubernur-Jenderal, yang menunjuk Panglima Tentara Pertahanan Australia dari salah satu angkatan berdasarkan anjuran pemerintah. Operasi kekuatan harian berada di bawah komando Panglima, sedangkan pengelolaan yang lebih luas perumusan kebijakan pertahanan berada di bawah kendali Menteri Pertahanan Australia.




Afrika Selatan adalah anggota beberapa organisasi internasional, di antaranya:
•    ACP
•    AfDB
•    AU
•    Persemakmuran
•    FAO
•    G-24
•    G-77
•    Gerakan Non-Blok
•    ONUB
•    OPCW
•    WHO
•    WMO
•    WTO
          D. Samudra Pasifik
         Samudra Pasifik atau Lautan Teduh (dari bahasa spanyol Pacifico, artinya tenang) adalah kumpulan air terbesar di dunia. Ia mencakup kira-kira sepertiga permukaan Bumi, dengan luas sebesar 179,7 juta km² (69,4 juta mi²). Panjangnya sekitar 15.500 km (9.600 mi) dari Laut Bering di Arktik hingga batasan es di Laut Ross di Antartika di selatan. Samudra Pasifik mencapai lebar timur-barat terbesarnya pada sekitar 5 derajat U garis lintang, di mana ia terbentang sekitar 19.800 km (12.300 mi) dari Indonesia hingga pesisir Kolombia. Batas sebelah barat samudra ini biasanya diletakkan di Selat Malaka. Titik terendah permukaan Bumi Palung Mariana berada di Samudra Pasifik. Samudra ini terletak di antara Asia dan Australia di sebelah barat, Amerika di sebelah timur, Antartika di sebelah selatan dan Samudra Arktik di sebelah utara
Samudra Pasifik dilihat dari pesisir di bagian tengah Chili
Samudra Pasifik berisi sekitar 25.000 kepulauan (lebih dari jumlah kepulauan yang berada di lautan dunia lainnya jika digabung), yang mayoritas terletak di selatan khatulistiwa. (Lihat: Kepulauan Pasifik.)
Di batasan ireguler Samudra Pasifik terdapat banyak lautan, yang terbesar adalah Laut Sulawesi, Laut Koral, Laut China Timur, Laut Jepang, Laut China Selatan, Laut Sulu, Laut Tasman dan Laut Kuning. Selat Malaka menghubungkan Samudra Pasifik dengan Samudra Hindia di sebelah barat, dan Selat Magelhaens menghubungkan Samudra Pasifik dengan Samudra Atlantik di sebelah timur.
Penjelajah Portugis Fernando de Magelhaens adalah orang yang menamakan Samudra Pasifik. Untuk sebagian besar perjalanannya dari Selat Magelhaens menuju Filipina, Magellan memang merasakan ketenangan lautan tersebut. Tetapi, Samudra Pasifik tidaklah selalu tenang. Di mana Samudra Atlantik melebar, Samudra Pasifik menciut. Hal ini menyebabkan banyak terjadinya gempa bumi. Banyak angin puyuh dan badai yang merusak pulau-pulau di bagian Pasifik dan tanah di sekitar Pasifik dipenuhi gunung berapi dan sering diguncang gempa bumi. Tsunami, yang disebabkan oleh gempa bumi di dasar laut, telah menghancurkan banyak pulau dan menghapuskan seluruh kota.

•   
Dasar samudra
Titik tertinggi dan terendah
•    titik terendah: -10.924 m (-35.840 kaki). di dasar Palung Mariana
•    titik tertinggi: permukaan laut 0 m
Ciri khas perairan Pasifik
•    merupakan samudera terluas di dunia
•    dasar samuderanya merupakan pusat gempa bagi Jepang dan pantai barat benua Amerika
•    banyak terdapat gunung-gunung laut
•    terdapat arus panas kurosyiwo dan arus dingin oyashio terdapat gejala iklim global yaitu el nino dan la nina
Cuaca
Di samudera Pasifik sering terjadi badai karena merupakan pusat badai tropis
Geologi
Samudera ini merupakan daerah divergensi lempeng samudera bergerak saling menjauh.
 Sejarah dan ekonomi
Vasco Nunez de Balboa adalah orang Spanyol yang menemukan dan sekaligus memberi nama samudra ini.

        E.Samudra Atlantik
Samudra Atlantik adalah samudra terbesar kedua di dunia, meliputi sekitar 1/5 permukaan Bumi. Kata Atlantik berasal dari mitologi Yunani yang berarti "Laut Atlas".
Samudra ini berbentuk huruf S, memanjang dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan, terbagi dua oleh garis khatulistiwa menjadi Atlantik Utara dan Atlantik Selatan. Dibatasi oleh Amerika Utara dan Amerika Selatan di bagian barat samudera dan Eropa dan Afrika di bagian timur samudra.
Samudra Atlantik berhubungan dengan Samudra Pasifik, di bagian utara bumi melalui Samudra Arktik dan di bagian selatan bumi melalui Lintasan Drake. Hubungan buatan manusia antara Samudra Atlantik dengan Samudra Pasifik dibuat melalui Terusan Panama. Batas antara Samudra Atlantik dengan Samudera Hindia di bagian timur, dibatasi pada garis 20° Bujur Timur. Batas antara Samudra Atlantik dengan Samudra Arktik adalah garis dari Greenland ke Svalbard di sebelah utara Norwegia
Samudra Atlantik seperti terlihat dari pesisir barat Irlandia pada hari yang cerah.
Mencakupi sekitar 20% permukaan Bumi, Samudra Atlantik berada di urutan kedua terbesar dalam segi ukurannya setelah Samudra Pasifik. Bersama dengan lautan di sekitarnya ia mempunyai luas sebesar 106.450.000 km²; jika lautan di sekitarnya tidak dihitung, luasnya 82.362.000 km². Jumlah wilayah yang mengalir ke Samudra Atlantik lebih besar empat kali daripada Samudra Pasifik maupun Samudra Hindia. Volume Samudra Atlantik dengan lautan sekitarnya adalah 354.700.000 km³ dan tanpanya adalah 323.600.000 km³.
Kedalaman rata-rata Samudra Atlantik, dengan lautan di sekitarnya adalah 3.332 m (10.932 kaki); tanpanya adalah 3.926 m (12.877 kaki). Kedalaman terbesar, 8.605 m (28.232 kaki), berada di Palung Puerto Riko. Lebar Samudra Atlantik beragam, dari 2.848 km (1.769 mil) di antara Brasil dan Liberia hingga sekitar 4.830 km (3.000 mil) antara Amerika Serikat dan sebelah utara Afrika.
Samudra Atlantik mempunyai pesisir pantai yang tak beraturan (ireguler) yang dibatasi berbagai teluk dan lautan, termasuk Laut Karibia, Teluk Meksiko, Teluk St. Lawrence, Laut Mediterania, Laut Hitam, Laut Utara, Laut Baltik, dan Laut Norwegia-Greenland. Pulau-pulau di Samudra Atlantik termasuk Svalbard, Greenland, Islandia, Rockall, Britania Raya, Irlandia, Fernando de Noronha, Azores, Kepulauan Madeira, Kepulauan Canary, Tanjung Verde, Bermuda, Hindia Barat, Ascension, St. Helena, Tristan da Cunha, Kepulauan Falkland, dan Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan.







                                                               BAB III
PENUTUP



A.    KESIMPULAN
Sesuai dengan pembahasan yang sudah di uraikan, maka kami simpulkan bahwa dari 5 benua tersebut memiliki perbedaan dari letak geografis dan astronomis,kenampakan alam dari masing-masing benua,keunggulan dari masing-masing benua serta dari segi tempat-tempat yang sering dikunjungi dan perbedaan lainnya terletak pada karakteristik antara masing-masing benua tersebut.

B.    SARAN
Sebagai penyusun dari makalah ini kami mengharap pada pembaca khususnya kepada generasi muda supaya bisa mengetahui pembagian benua di dunia kalau ada 5 benua serta bisa tahu letak geografis dan astonomisnya dari masing-masing benua tersebut. Agar kita bisa tahu secara menyeluruh



















DAFTAR PUSTAKA




Atkinson (1999). Pembagian Benua. Jakarta: Penerbit Erlangga,

Mappiare, A. (1992). Sejarah benua-benua dunia. Surabaya: Usaha Nasional.

Hurlock, E.B (1998). Letak geografis belahan benua. Jakarta: Erlangga.




17 komentar:

tv onlin

jam bandung-an city.com

 

bintang

cursor berputar